Sunday, December 12, 2010

SEVEN UP

Seven Up adalah suatu nama permainan yang pernah saya mainkan. Banyak hal yang dapat diambil dari permainan ini selain rasa senang :)
 
Permainan ini sangat mudah. Intinya kami hanya berhitung. Sebelum permainan dimulai kami harus membentuk sebuah lingkaran besar. Dan aturan main dalam kegiatan ini adalah orang yang ditunjuk harus mengucapkan angka selanjutnya dari angka yang diucap oleh orang yang menunjuk. Untuk arah menunjuk, kita diperbolehkan ke sebelah kanan atau kiri, dan juga ke arah depan atau seberang. Namun uniknya adalah orang yang seharusnya menyebutkan angka “tujuh” diganti dengan mengucapkan kata UP sambil mengangkat tangan. Kemudian dia menunjuk orang lain sambil mengucapkan angka “satu”. Bila ada yang salah mengucapkan atau terlambat mengucapkan, maka dia mendapatkan "hadiah". Mengenai "hadiah",nya ditentukan oleh kami yang tidak naik ke atas panggung.
Dengan adanya kegiatan ini, kami mendapat banyak hal positif, antara lain:
  • Melatih konsentrasi. Kegiatan ini sangat membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Bila tidak kita akan salah ucap atau terlambat dalam berucap. Konsentrasi sangat mempengaruhi kinerja kita. Bila kita bekerja namun tidak konsentrasi terhadap apa yang kita kerjakan maka hasilnya tidak maksimal bahkan bisa saja yang kita kerjakan salah.
  • Siap setiap saat atau siaga dalam berbagai situasi. Dalam permainan ini kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada diri kita, apa yang akan dilakukan orang lain pada diri kita. Bila kita tidak siap untuk menghadapinya maka kita akan kerepotan karenanya. Maka kita harus mempersiapkan diri sebaik mungkin mulai sekarang.
  • Melatih kepekaan. Jangan sampai kita buta terhadap lingkungan kita sendiri. Kita harus mengerti dan peka terhadap semua yang ada disekitar kita. Untuk menjadi orang yang sukses kita harus peka. Peka terhadap peluang-peluang yang ada. Jangan sampai kita menutup mata dan telinga terhadap situasi dan kondisi di sekeliling kita.
  • Melatih bekerja cepat. Bila kita bermain dalam kegiatan ini secara lamban, maka kegiatan ini sangat membosankan. Maka kita harus bermain secara cepat dan tepat. Kita harus mampu untuk menggunakan waktu sebaik mungkin untuk melakukan hal positif. Bila kita terlatih bekerja cepat dan tepat maka kita dapat menghasilkan karya yang lebih banyak dari yang lain.

  • Taat pada peraturan. Peraturan dibentuk untuk mengatur segalanya agar berjalan dengan benar. Apabila kita melanggar peraturan, kita akan mendapat sanksi. Maka untuk menghindari sanksi kita harus taat dan bekerja secara benar. Karena bila tidak ada aturan di dalam hidup ini, maka dunia akan kacau balau. Maka jangan melanggar peraturan yang ada. Perlu kita ketahui bahwa peraturan dibentuk untuk kebaikan bersama.
  • Melaksanakan kewajiban. Suatu kewajiban haruslah dilaksanakan. Orang yang mendapat giliran menyebutkan angka “tujuh” harus melaksanakan tugasnya yakni mengganti kata “tujuh” dengan UP. Bila tidak, tentu ada akibatnya. Dalam agama, sesuatu yang wajib namun tidak dilaksanakan akan mendapat dosa. Maka kita harus melaksanakan kewajiban masing-masing.

  • Tanggung jawab terhadap apa yang dilakukan. Tercermin pada orang yang mendapat giliran menyebutkan angka “tujuh” harus mengatakan UP. Bila salah maka dia harus bertanggung jawab terhadap apa yang diperbuatnya, yaitu mendapat sanksi.
  • Berani dan mau menerima konsekuensi. Setiap apa yang kita lakukan pasti memiliki resiko atau konsekuensi. Seperti ketika kita melakukan kesalahan maka kita harus berani untuk menerima akibatnya. Namun tidak hanya ketika kita melakukan kesalahan, tetapi ketika kita berbuat benar pun tetap ada resikonya. Sehingga orang yang berani dan mau menerima konsekuensi atas apa yang dilakukan sangat dibutuhkan di dunia nyata jaman sekarang.

  • Kejujuran. Bila merasa salah atau terlambat berucap kami diharapkan langsung naik ke atas panggung untuk mendapat “hadiah”. Saat ini jarang sekali ada orang yang mau mengakui kesalahannya. Di dalam dunia nyata sering kita temui orang yang menyalahkan orang lain untuk menutupi keburukannya. Maka kejujuran sangat dibutuhkan di negeri ini.
  • Kebersamaan. Tidak dipungkiri berkumpul dengan banyak orang, bercanda dan bercengkrama satu dengan yang lain sangat menyenangkan. Dengan adanya kegiatan ini menumbuhkan rasa kebersamaan. Kita tidak mungkin bisa bermain seperti ini hanya dengan sedikit orang, misalnya 5 orang. Bahkan sendirian pun tidak mungkin bisa bermain permainan ini. Maka rasa kebersamaan sangat dibutuhkan untuk mewarnai hidup ini.

0 komentar :

Post a Comment

 
;