Friday, December 24, 2010

Bangkitnya Rasa Nasionalisme

Garuda, kesebelasan nasional Indonesia di bawah asuhan Alfred Fridl menunjukkan prestasi yang menggembirakan. Tim ini menjadi satu-satunya tim yang belum pernah terkalahkan selama empat kali pertandingan dalam Piala AFF 2010. 

Kegembiraan para penggemar bola melambung ke angkasa, menumbuhkan kebanggaan dan menghidupkan kembali semangat nasionalisme yang sedang lesu. Dahulu, Bung Karno pernah membangkitkan rasa nasionalisme dengan membakar semangat massa untuk menghadapi musuh bersama-sama dengan semboyan “Ganyang Malaysia”. Pak Harto di masa orde baru mencoba menyemaikan jiwa nasionalisme melalui penataran P4.

Kini, para tokoh di masa reformasi nampak gagap menyaksikan nasionalisme bangsa ini  yang semakin memudar. Pemberantasan KKN yang mereka canangkan ternyata tidak mudah dilakukan. Bahkan terlihat menemui jalan buntu. Dari satu presiden ke presiden yang lain tidak menunjukkan prestasi yang berarti. Sebaliknya mafia hukum, mafia pajak, dan mafia narkoba bergentayangan dimana-mana dan semakin subur saja. 

Padahal untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme itu caranya sangat sederhana ciptakan prestasi di berbagai sisi, sehingga memberikan kebanggaan dan kecintaan kepada negeri sendiri dan inilah embrio nasionalisme yang harus diketahui dan dimanfaatkan.

0 komentar :

Post a Comment

 
;