Sunday, January 2, 2011

Design Baju Sekedarnya

Ini adalah game yang pernah dimainkan dalam mata kuliah Ketrampilan Interpersonal.

Dalam kegiatan ini setiap kelompok diberi beberapa kertas warna-warni dan peralatan lainnya seperti gunting, lem kertas, dan selotip. Kami memilih 1 laki-laki dan 1 perempuan untuk dijadikan model. Baju yang akan dibuat dari bahan-bahan terbatas harus tetap unik dan estetik (indah). Kami diberi kebebasan akan tema bajunya. Waktu yang diberikan kepada kami tidak banyak, sehingga kami harus berbagi tugas untuk membuat baju untuk si laki-laki dan perempuan.

Setelah waktu habis. Para model berkumpul dan secara pergantian naik ke atas panggung untuk bergaya. Designer dari setiap kelompok akan mempresentasikan maksud dari desain bajunya. Dan bagi anggota kelompok lainnya bertugas menyanyikan lagu untuk mengiringi model naik ke atas panggung.

Dengan adanya kegiatan ini, kami mendapat banyak hal yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti:
  • Berpikir kreatif. Mendesain baju dalam kegiatan ini sangat membutuhkan kekreatifan. Membuat sesuatu yang berbeda dan unik. Tentu tidak mudah bila kita jarang melatih diri untuk berpikir out of box. 
  • Menyatukan segala ide. Banyak ide yang muncul dalam mendesain baju. Menjadi tantangan dalam kelompok untuk menyatukan itu semua. Karena tidak mudah untuk menyatukan banyak hal yang berbeda. 
  • Memanfaatkan hal yang minim menjadi hal yang maksimal. Dengan bahan yang terbatas kita harus mampu membuat desain baju yang terbaik. Sama halnya dengan fasilitas atau kemampuan kita yang terbatas, kita tetap harus bisa membuat hal yang kita miliki menjadi maksimal. 
  • Melatih keuletan. Dengan segala keterbatasan kita tetap harus mampu menghasilkan yang terbaik. Tidak mudah menyerah meski banyak kendala yang menghadang. Kita harus ulet dalam hidup ini. Karena dengan begitu kesuksesan semakin dekat dengan kita. 
  • Bekerja cepat. Waktu yang kita miliki terbatas. Sehingga kita harus benar-benar bisa memanfaatkannya dengan baik. Karena waktu tidak dapat diulang. Maka jangan sia-siakan waktu yang kita miliki. 
  • Kebersamaan. Tidak dipungkiri berkumpul dengan banyak orang, bercengkrama satu dengan yang lain dan memecahkan masalah bersama-sama sangat menyenangkan. Dengan adanya kegiatan ini menumbuhkan rasa kebersamaan. Kita tidak mungkin bisa bermain seperti ini. Maka rasa kebersamaan sangat dibutuhkan untuk mewarnai hidup ini. 
  • Kerja sama. Dalam kegiatan ini, semua anggota turut partisipasi. Semuanya sibuk dalam mendesign. Semua beraktifitas, tidak ada yang diam. Kerja sama sangat dibutuhkan dalam kegiatan ini. 
  • Kekompakan. Dalam berkelompok tentu dibutuhkan kekompakan. Dengan itu kesuksesan akan tercapai. Suatu kelompok harus bersatu tidak boleh terpecah. Kalau pun ada perbedaan hendaknya harus bisa saling menghargai. 
  • Belajar berkomunikasi. Yakni pada saat presentasi tentang design baju. Ini melatih kita untuk mampu berbicara di muka umum dan berani untuk dilihat banyak orang. Tidak mudah melakukan hal ini, maka kita perlu membiasakan diri.

0 komentar :

Post a Comment

 
;