Monday, January 3, 2011

A.K.U

Ada yang tahu arti A.K.U? Kata-kata itu yang terlontar pertama kali oleh Mas Diaz saat mengisi LKMM PRA TD III setelah perkenalan tentunya.

A adalah ambisi. Apa itu ambisi? Ambisi adalah keinginan yang besar untuk mencapai sesuatu. Sedangkan untuk orientasi ambisi adalah kenikmatan, ketentraman, hubungan baik dan prestise. Dalam ambisi terdapat emosi yang timbul. Emosi itu ada pyang positif dan negatif.

Ambisi sendiri terdiri dari dua, yaitu hampiran dan hindaran. Hampiran artinya yang diusahakan untuk terjadi. Contohnya memilki kekayaan. Sedangkan hindaran artinya yang diusahakan tidak terjadi.

K adalah kenyataan. Kenyataan adalah hal-hal yang dapat mendukung atau menghambat pencapaian ambisi. Faktor kenyataan ada dua yaitu internal dan eksternal. Yang internal adalah SINA, kesanggupan, kecenderungan pribadi sedangkan yang eksternal adalah keadaan alam, keadaan sosial politk dan keadaan sosial budaya.

U adakah usaha. Usaha adalah tindakan nyata yang dilakukan seseoran untuk mencapai tujuan. Usaha sendiri ada yang proaktif. Maksudnya, diusahakan dan terjadi. Contohnya saja ingin meraih IP 4. Namun ada usaha yang reaktif. Yaitu diusahakan dan tidak terjadi. Contohnya DO.

Hubungan dari ketiga hal tersebut (A.K.U) adalah sukses. Bila kita dapat menggabungkannya dengan baik, tak khayal kesuksesan berada di tangan.

1 komentar :

moh.nouvaldy said...

kuliah di mana kak dulu ? :)

Post a Comment

 
;